Artikel Menarik tentang burung berkicau dan tempatnya para kicau mania. berbagi tips,informasi tentang burung kicau ,flora dan fauna di indonesia

Tips Merawat Burung Murai Batu yang Sedang Mabung

Murai Batu merupakan burung yang sangat diminati bagi para kicaumania saat ini. Kecantikan bulu dan suara yang merdu ditambah daya tempur yang kuat saat diadu di kontes kicau burung menjadikan burung tersebut menjadi incaran para kicaumania. Tak heran kalau pangsa pasar burung ini memiliki nialai jual yang tinggi dibanding burung-burung yang lain.
Tips Merawat Burung Murai Batu yang Sedang Mabung - Bagi kicaumania, memiliki murai batu suatu kebanggan tersendiri karena burung ini sangatlah berkelas. Saking berkelasnya, rawatan murai batu ini juga tak mudah dibanding dengan burung-burung yang lain. Butuh perawatan yang jeli agar murai batu dapat gacor dan tampil maksimal saat ikut kontes.


Dalam perawatannya, biasanya murai batu mengalami masa-masa mabung atau berganti bulu. Proses mabung tersebut bisa memakan waktu berbulan-bulan. Dalam wacana ini kita akan membahas tentang tips merawat murai batu agar proses mabungnya berjalan dengan baik dan sempurna.
Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan murai batu yang sedang mabung yaitu:
1. Diet
Selama masa mabung, murai batu harus membutuhkan asupan makanan yang berprotein dan makanan bergizi agar dapat merangsang pertumbuhan bulu yang baru. Idealnya kebutuhan protein bagi seekor murai batu adalah sekitar 20% agar pembentukan bulu dapat tumbuh dengan sempurna. Tambahan seperti multivitamin juga sangat perlu. Asupan multivitamin dan mineral yang cukup dapat membantu metabolisme tubuh burung dan dapat membuat buluh burung tumbuh sempurna.
2. Istirahat yang Cukup
Selain diet, factor yang penting untuk kita perhatikan adalah pemberian masa istirahat yang cukup untuk murai batu. Pada saat murai batu sedang mabung biasanya sifat agresifitasnya berkurang. Hal ini dikarenakan murai batu secara fisiologis mengalami perubahan pembentukan hormon yang berbeda. Pada masa-masa mabung, energy burung juga difokuskan pada pertumbuhan bulu. Oleh karena itu pemberian masa istirahat dari segala aktifitas harian sangat penting. Aktifitas harian seperti mengikuti kontes kicau atau menjemur dibawah matahari langsung harus dihentikan dulu. Ini dilakukan agar proses mabung dapat berjalan secara maksimal. Agar murai batu yang sedang mabung dapat istirahat yang cukup, usahakan hindarkan konfrontasi dengan burung murai batu yang lain agar burung yang sedang mengalami mabung tidak mengalami stres mabung.
Tata letak sangkar yang baik juga menjadi factor utama agar murai batu mendapatkan istirahat yang cukup. Tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik, sehat dan teduh sangat membantu murai batu untuk beristirahat

Tips Merawat Burung Murai Batu yang Sedang Mabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ryudistira

realese

YUDISTIRA STORE

YUDISTIRA STORE
GROSIRAN BEKASI