Artikel Menarik tentang burung berkicau dan tempatnya para kicau mania. berbagi tips,informasi tentang burung kicau ,flora dan fauna di indonesia

Kicau Mania Burung Kenari

Kicau mania|Burung Kenari - Siapa yang tidak mengenal burung unik yang satu ini, tubuh nya yang kecil 
dengan suara ngeroll yang panjang menjadi daya tarik untuk burung kenari.Rata-rata burung kenari berwarna kuning,namun ada juga yang berwarna kuning dengan corak hijau (BON)
dan adapula yang berwarna merah.

kicaumania|burung kenari


Burung kenari (Serinus Canaria ) dulu ditemukan oleh pelaut dari prancis
bernama Jean De Berthan Cout pada abad ke-15,ia terkesan pada keindahan bulunya dan corak warna yang beragam.

Burung kenari ini dahulu nya diekspor dari Belanda lalu ke indonesia.Awalnya mendatangkan kenari 
dari Inggris,Jerman dan belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar.Lalu menghasilkan kenari jenis seperti Norwich,Scoth Fancy ,Bolder Fancy,London FAncy,Yorkshire,
Gloser dan sebagainya.
kicaumania|burung kenari

Perlu diketahui burung kenari tidak ada hubungannya dengan buah kenari,namun karna burung tersebut berasal dari tempat asalnya,yaitu kepulauan Canary.Burung kenari ini memiliki berbagai jenis,namun hanya sedikit yang menjadi populer di kalangan kicau mania.Dan berikut sedikit ulasan tentang burung kenari :

1.KENARI BORDER
    Konon adalah Jenis burung kenari ini sangat populer dikalangan para pecinta burung.Burung ini berasal  dari lokasi perbatasan negara inggris dan skotlandia.Border berasal dari Cumberland FAncy.Ciri fisiknya adalah memiliki bentuk tubuh yang bulat dipandang dari sudut manapun,dengan panjang tubuh kurang lebih 14 cm.

2.KENARI GLOSTER
    pada umumnya Kenari jenis ini memiliki ciri khas pada jambulnya,walaupun ada pula yang tidak ber jambul.panjang tubuh kenari ini kurang lebih 11 cm.rata-rata burung ini memiliki warna bulu yang berwarna kuning.Gloster yang berjambul biasa disebut GLOSTER CORONA,dan yang tidak memiliki jambul biasa disebut dengan GLOSTER CONSORT.

3.KENARI NORWICH
Ciri khas burung ini adalaha memiliki alis tipis pada dahinya bahkan hampir menutupi matanya.jenis Norwich memiliki panjang tubuh kurang lebih 15 - 16 cm,bulunya lumayan lebat, dengan dada yang bidang.

4.KENARI YORKSHIRE
Kenari jenis ini sudah tidak asing di Indonesia.Konon kenari ini juga salah satu favorit para kicaumania,harga nya yang selangit tidak mengendurkan para kicaumania untuk meminangnya.panjang tubuhnya kurang lebih 15-17 cm,Burung ini  memiliki style yang kokoh saat bertengger.Suara burung yang satu ini juga tidak bisa dianggap remeh,karna banyak para kicaumania yang menurunkan kenari jenis yorkshire ini di arena perlombaan.

5.KENARI LANCASHIRE
Bisa dibilang burung kenari jenis ini burung kenari yang paling besar.panjang nya antara 7 - 8 inch.Cirinya memiliki kaki yang panjang,ekor yang menjuntai.

6.KENARI ROLLER
Kenari ini keturunan dari kenari jerman.kenari ini di ternakan secara besar-besaran di daerah pegunungan Hartz.Ciri khas nta adalah pada kicauaan nya yang didominasi oleh gaya roll nya .

7. KENARI CREST
Burung kenari ini jenis kenari tertua dari kenari yang lain.pada awal penemuan kenari tahun 1950,burung ini memiliki sebutan turn-crown yang kemudian menjadi sangat populer dengan sebutan King Of Fancy.Ada dua jenis kenari ini yaitu yang berjambul dan tidak berjambul.Burung ini hampir mirip dengan burung kenari gloster.Jambulnya hampir menutupi matanya,bentuk jambul yang sempurna juga menjadi salah satu penilaian di arena perlombaan.

8.KENARI BELGIA
Kenari belgia ini sudah lama dikembang biakan.Namun jenis kenari ini bisa dibilang paling susah diternak.Tak jarang para birder menetaskan telur burung ini menggunakan indukan kenari dari jenis lain.Ciri khas nya adalah memiliki kepala yang kecil seperti ular.

demikian info tentang Kicaumania burung kenari .Semoga informasi singkat ini dapat menambah wawasan sobat kicaumania diseluruh indonesia.Silahkan dishare jika informasi ini dirasa penting.
terimakasih.

Kicau Mania Burung Kenari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ryudistira

realese

YUDISTIRA STORE

YUDISTIRA STORE
GROSIRAN BEKASI